Kamis, 21 Juli 2016

Tips Mengolah Daging Sapi Giling

Resep pepes daging sapi giling

Mesin giling daging mini pada umumnya digunakan untuk menggiling daging guna keperluan rumah tangga dan usaha kecil menengah. Kita bisa buat aneka kreasi makanan dengan bantuan mesin satu ini, salah satunya adalah pepes daging sapi giling. Apa Anda pernah mencobanya ? Bila Anda tidak pernah mencobanya dan berminat untuk membuat sendiri pepes daging sapi versi Anda, kali ini yuk kita sama-sama belajar buat pepes daging sapi yang enak dan gurih. Bahan dasar daging giling sapi bisa Anda giling sendiri atau membeli daging giling jadi di pasar ataupun super market. Dengan bantuan mesin giling daging mini ini Anda bisa menghasilkan menu makanan sehat yang mudah diolah sendiri.


Setelah daging giling siap bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat pepes daging sapi giling yang enak dan berbumbu sedap adalah :
  • 1 butir telur
  • 1 1/4 sendok teh ketumbar, tumbuk kasar
  • 50 ml santan kental instan
  • 100 gram tahu putih, dihaluskan
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • 4 lembar daun salam
  • daun pisang untuk membungkus

Untuk membuat bumbu pepesnya Anda perlu bahan-bahan sebagai berikut:
  • 5 butir bawang merah, dibakar
  • 2 cm lengkuas
  • 1/4 sendok teh jinten
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan gula merah sisir
  • 1 siung bawang putih, dibakar
  • 1 1/4 sendok teh garam
Cara pengolahan daging sapi sebelum dimasak, adalah pertama sebelum menggiling daging menggunakan mesin penggiling, cuci daging terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Setelah itu beri perasan jeruk sedikit agar daging tidak terlalu amis. Selanjutnya, masukkan daging yang telah digiling ke dalam wadah dan sisihkan sementara.
Cara Memasak Pepes Daging Giling:
Langkah pertama, ambil daging yang telah digiling dan campur bersama dengan tahu putih, santan instan, telur ayam, gula, garam, cabai rawit dan kecap manis. Selanjutnya aduk semua bahan yang dimasukkan, pastikan jika semua bumbu pas sesuai dengan keinginan Anda. Lalu sisihkan sementara.
Sebelum daging dibungkus dengan daun pisang, kita potong terlebih dahulu daun pisangnya dengan lebar kira-kira 7-8 cm. setelah dipotong bersihkan terlebih dahulu bagian daun pisang yang akan kita pakai untuk membungkus daging dengan menggunakan lap dan pastikan daun sudah bersih dan siap dipakai. Jika memungkinkan Anda juga bisa menjemur daun terlebih dahulu sebelum digunakan agar daun menjadi lebih mudah dilipat dan tektur daun menjadi lebih layu dan lembut. Daun pisang siap, sekarang waktunya untuk masukkan adonan daging ke dalam daun dengan bentuk memanjang lonjong. Kemudian kunci bagian ujungnya dengan menyematkan lidi pada masing-masing ujung.
Siapkan kukusan dan kukus pepes daging dalam panci selama kurang lebih 40 menit atau sampai pepes daging matang secara merata. Apabila telah matang, angkat dan sajikan pada piring, selagi hangat hindangkan menu ini untuk menu makan siang keluarga Anda. Perlu diingat bahwa pemilihan daging olahan yang akan dikonsumsi keluarga sebaiknya harus berkualitas. Dalam artian, jika Anda memilih bahan dasar daging sapi giling di pasar pastikan kalau kebersihannya terjamin, namun jika Anda masih ragu-ragu baiknya gunakan mesin giling daging mini Murah sendiri agar lebih terjamin kehigenisannya.
-SUC-

1 komentar:

  1. Bersama Kami Agen Taruhan Online !
    Dapatkan Promo Bonus Yang Menarik
    Main Menang Berapapun Akan Dibayar
    Anda Tidak Usah Takut Proses Dalam Hitungan Menit Saja...
    Ayo Bergabung Bersama Kami Sekarang Juga
    Hanya di www(titik)bolavita(titik)pro
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : BOLAVITA
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    Email : cs@bolavita .com

    BalasHapus