Minggu, 13 Mei 2018

Cara Membuat Bumbu Rendang Khas Jawa Yang Enak


Resep Praktis Membuat Bumbu Rendang Jawa


Bumbu rendang merupakan salah satu penyedap makanan yang ditunggu-tunggu saat lebaran tiba. Sebagian orang memanfaatkan bumbu rendang dengan paduan kuah gulai lontong. Rendang sendiri adalah makanan khas yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Bumbunya yang meresap ke dalam daging meninggalkan rasa lezat. 





Rasa lezat rendang diterima oleh hampir seluruh warga Indonesia. Tidak hanya warga lokal, rendang padang ini juga tinggal di lidah para turis mancanegera. Di balik kelezatan rendang, ternyata proses pembuatannya membutuhkan waktu berjam-jam lho. Untuk mendapatkan rendang yang sempurna, Anda harus memasak bumbunya hingga mengering. 


Meskipun terkenal dari Padang, beberapa kota lain juga memiliki bumbu rendang versi sendiri, salah satunya Jawa. Keduanya juga memiliki perbedaan yang khas. Bumbu rendang padang menggunakan rempah bunga lawang, sedangkan Jawa tidak. Dari tampilan rendang padang lebih kering, sedangkan Jawa cenderung basah atau sedikit berkuah. Lama waktu pemasakan tentu saja lebih cepat bumbu rendang jawa. 

  • Resep Bumbu Rendang Jawa

Bahan utama


·         2kg daging sapi

·         1 liter santan kental

·         1 liter santan encer

·         5pcs daun salam

·         2pcs daun kunyit

·         2sdm gula merah

·         2 ruas lengkuas yang digeprek

·         2pcs batang serai yang diambil putihnya saja lalu digeprek

·         1sdm gula pasir

·         Secukupnya garam

·         Minyak dan air secukupnya

  • Bumbu rendang jawa

·         15 siung bawang merah

·         8 siung bawang putih

·         200gr cabai merah

·         100gr cabai merah kering

·         Secukupnya kemiri

·         1 ruas jari kunyit

·         1 ruas jari jahe

·         ½ sendok kecil merica halus

·         1sdm ketumbar halus



  • 1.      Cuci daging hingga bersih kemudian potong sesuai dengan selera. Anda juga bisa menggunakan air jeruk nipis hingga merata, kemudian dicuci bersih lagi.
  • 2.      Haluskan seluruh bumbu yang digunakan. Khusus bagian bawang merah gunakan 11 siung saja.
  • 3.      Siapkan wajan dengan sedikit minyak. Lalu masukkan 4 bawang merah yang dirajang, aduk-aduk. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk kembali hingga tercium harum.
  • 4.      Tuang santan kental bersama daun salam yang sudah dirajang dan buang bagian tulang daun. Tambahkan serai lalu aduk-aduk perlahan hingga mendidih dan terlihat keluar minyak.
  • 5.      Masukkan daging satu per satu secara perlahan, lalu aduk kembali hingga bumbu menyatu dan daging berubah warna.
  • 6.      Tambahkan garam dapur, gula merah, dan gula pasir kemudian aduk hingga merata.
  • 7.      Terakhir, tuang santan encer lalu aduk kembali hingga tekstur daging empuk.
  • 8.      Jika sudah empuk, rendang siap disajikan.

Cara membuat bumbu rendang jawa di atas merupakan resep praktis dan sederhana. Jika Anda ingin mengombinasikan tambahan rempah lainnya juga bisa kok. Jika rasa rendang belum maksimal, jangan ragu untuk menambah bumbu. 


Apa pun jenis rendangnya, saat pemotongan daging harus diperhatikan. Terkadang bumbu rendang sudah memiliki rasa yang lezat, namun daging sangat keras untuk dikunyah. Hal tersebut ditakutkan akan menghilangkan selera makan Anda. Untuk itu, saat memotong daging perhatikan arah serat. Hindari memotong arah berlawanan dengan serat daging. Karena melawan arah serat akan menyebabkan daging sulit dipotong dan dikunyah.


 Berikutnya, jika kurang menyukai pedas, Anda bisa mengurangi cabai. Kreasikanlah bumbu-bumbu rendang tersebut sesuai dengan selera Anda. Karena menggunakan santan, Anda perlu melakukan pengadukkan secara rutin hingga mendidih. Hal itu bertujuan untuk menghindari pecah santan. 

Meskipun sedikit melelahkan, untuk bikin bumbu rendang yang lezat tentu saja butuh pengorbanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar